Kamis, 06 Maret 2008

Aku ingin Pulang… !


Brak… ! chira (Zachira Alika Nur Hasanah) letakkan tasnya diatas meja… dan kemudian menghempaskan tubuhnya yang tidak bisa dibilang gemuk ! huh… dia merasa capek banget, lebih capek dari pada seharian di LAB IT sekolah (biasanya dia kalo pulang sekolah ga langsung pulang kerumah tapi noungkroung di LAB Ti ampe yang masuk siang pulang juga, sekita jam 5.45 lah). Hari ini dia istirahat kerja di LAB, sebenernya bukan kerja sieh… dia dan temen-temennya yang termasuk kelas Eksekutif (unggulan) di kasih project yang Insya Allah bisa ngehasilin uang, ya… alhamdullilah. Kalo ada kan bisa buat bayar BP3 sendiri ma buat beli buku (itu harapanya). Dia bangkit menuju lemari yang ga sampe satu meter jaraknya dari tempat tidurnya, diambilnya sebuah kaos oblong plus celana nanggung dan langsung menuju kamar mandi, setelah itu dia langsung sholat dzuhur (walaupun di sekolah dia provokator ribut sholat tetep dinomor satukan). Setelah sholat dia yang ngantuk ga lagi lagi ngerasa ngantuk… karena ga ada kerjaan aku langsung mengambil Novel karya Habiburrahman El Shirazy yang barunya beli malam senin kemaren. Dibukanya lembar demi lembar… sampe ke bab 3 and… dia udah tertidur…lelap !

28 Februari, itulah yang dilihatnya dikalender…berarti sudah hampir 5 bulang dia ga pulang ke kalimantan. Tiba-tiba dirasakannya butir-butiran air hangat mengalir di pipinya… “chira rindu ibu, ayah, dan essy (adiknya)…dan semuanya. Sudah hampir lebih dari 5 tahun dia berpisah dengan mereka, dia hanya bisa menjenguk mereka jika sekolah libur. Itu pun kalo libur 2 minggu kalo hanya seminggu dia ga akan menjenguk mereka karena untuk pulang uang yang tak sedikit untuknya…! dia pikir dari pada dia hanya membuang uang karena waktunya disana hanya 3 hari lebih baik uang itu aku tabung untuk membayar BP3. Lagi asik mengerjakan tugas Bahasa Indonesia tiba-tiba HPnya berbunyi. Dibukanya kotak pesan… ternyata dari nomor yang tak dikenal !
085250xxx : aq akn sllu syng m U, mskpun qm dah day g pux.
Yah… kira-kira begitulah kata-katanya, melihat kata-katanya dia tau siapa orang itu. itu temannya waktu SMP yang selalu sms seperti itu padahal udah dia jelasin klo dia ga mo pacaran… ! dia ga tau lagi harus gimana mensiasati supaya tu orang ga ganggu dia lagi, pernah dia ngaku udah punya pacar dengan harapan temenya itu ga lagi ganggu tapi nyatanya masih aja… dia pusing jadinya…! Dengan cepat sms

itu dihapusnya tanpa menyimpan nomer sang pengirim bukan ga mau menyambung tali silaturrahmi tapi kalo dia melihat smsnitu pasti akan sangat kesal, jadi dari pada marah-marah yang ga jelas lebih baik dihapus tanpa membalas karena dia udah ga tau mo bales apa lagi. Pusing menghadapi temannya yang satu ini (dia masih dianggapnya temen walaupun yah… begitu ) dan lalu dimatikannya HP… dan melihat kearah jam dinding ternyata udah jam 10.00 dia harus tidur, ia kemudian bangkit dan mematikan lampu…

Bagi chira hari-hari sangat lama berganti sedangkan dia pengen banget pulang… ke Kalimantan. Jam pelajaran pertama, kedua, ampe istirahat dilalui dengan males banget… akibatnya ga ada satu pun yang ia ngerti… ia kalo yang masuk di telinganya, masuk telinga kanan keluar telinga kiri (kan masih ada yang nyangkut walupun sedikti tapi setidaknya adalah… !) tapi kalo ga masuk sama sekali alis kembali…. ??? Istiraha dia langsung dengan cepat menuju kantin bareng ma temen-temen cowoknya (dia lebih sering bareng ma temen-temennya yang cowok dari pada yang cewek)
Rendy : wah bentar lagi semesteran ya…
Ichal : ia… ga terasa ya… bentar lagi semesteran nad bentar lagi kita-kita kelas
dua euy…
Ogi : tapi kalo semesteran pasti jatah belajar tambah… uh…
Chira : yaealah… mbak (sebenernya sieh… mas) kalo mo nilainya begus ya harus
belajar… gimana sieh… Katanya anaknya bu indry (bu indry guru MTK
mereka)
Dion : kita boleh nakal en’ ribut di dalam kelas man… but jangan sampe kita
bodo’. Apa kata dunia ??? (sambil sambil bergaya yang ga jelas gaya apa ???)
Sampe di kantin mereka langsung pesan siomay… en dengan lahap mereka semua makan (maklum pergi sekolah ga sempet sarapan, biasanya sarapannya disekolah tapi coznya tadi dateng agak telat jadi ga sarapan dech…) setiap ada di deket temen-temennya ini chira selalu ngerasa nyaman banget, sebenernya dia punya sahabat cewek dua orang tapi tapi kali ini mereka bedua ga masuk (katanya da acara keluarga tapi koq bareng ya…???)

chira… sakit karena waktu pulang tadi keujanan, aduh rasanya ga enak bangets… sakit en’ ga da mama’ di sini (kalo da mama’ atau bapak pasti apa yang kumau kalo ku lagi sakit pasti di turutin, but… jangan salah bukan aku manja. Aku juga mintanya paling cemilan aja !), but… tante dina ma paman iqbal juga baek… banget ma chira mereka perhatian banget tadi aja chira langsung di bawa ke dokter( pikirnya). Tapi tetep aja ga bisa ngegantin sosok mama’ chira yang sangat di cintainya. “ hack… hack…hac…in” chira terus-terus bersin… ia udah minum obat yang di kasih dokter tapi ampe sekarang belum ada tanda-tanda dia bakalan sembuh… padahal besok dia harus sekolah karena ada acara di sekolah yang harus dia urus… saat-saat dia sakit dia selalu menangis karena teringat ibu ma ayahnya. Dia memang baru sekali ini berpisah dengan mereka karena ia harus melanjutkan SMA bersamanya di pulau jawa sedangkan ayah dan ibunya ada di Kalimantan.
Dan yang juga bikin sedih udah tiga hari ini dia sakit en’ ga masuk sekolah tapi ga da temennya satu pun yang dateng rendy, ichal, ogi, dion, zahra, Sabrina, en’ temen-temen sekelasnya.

Jam 12.00 wib,,, “tok… tok…tok” ! terdengar suara di jendela kamar chira. Dia pun terbangun… lalu diam, “tok…tok…tok”… terdengar lagi suara tadi… dengan diam-diam diambilnya penggaris panjang di atas meja belajarnya lalu dengan mengendap-endap ia menuju jendela…. Dan………………………………………………………..
Jrek… di bukanya tirai jendela itu, tapi ga da orang ??? dibukanya jendela… lalu dia melongok ke luar jendela but… tetep aja ga da apa-apa ! ia ingin segera memberi tahu pamannya tapi karena kurang yakin dengan apa yang ia denger (ia takut kalo itu Cuma mimpi dia doank !) ia ingin menunggu sebentar… dan tiba-tiba terdengar suara dari… dapur… ! maling… pasti maling “pikirnya”, ia pun langsung bangkit dan dengan penggaris panjang di tangannya ia keluar kamar… dan tanpa memberi tahu pamannya dulu ia langsung menuju dapur… lewar ruang nyampe di ruang tv ternyata lampunya mati… ia pun dengan diam-diam menuju ke sakelar, didapur masih aja terdengar suara orang berbicara…. Ketika ia sampai tangannya langsung menekan sakelar untuk menghidupkan lampu…! Dan... Happy Birthday…………………………………………………………………………………… terdengar suara teriakan orang… dengan refleks juga ia memukulkan penggaris yang selalu ia genggam ke tangan zahra yang membawa kue ulang tahun yang bertuliskan selamat ulang tahun chira dengan lilin berangka 15…, walaupun kesakitan Zahra tetep tersenyum ( walapun mukanya ga enak di liat…!)
Chira : mank aku ulang tahun ya… (dengan muka yang bego banget !)
Tante dina : selamat ulang tahun ya sayang… (sambil memeluk and cipika
cipiki)
Paman iqbal : selamat ya chira….. (sambil mengusap kepalanya)
Chira : makasih ya tante…, paman… (sambil memeluk dan mencium
tangan tante dan pamannya !)
Sabrina : di tiup dunkzzz lilinnya and sebelum itu make a wish !
Temen-temen : ia… buruan… tiup lilinnya…. Tiup lilinnya tiup lilinya sekarang
juga… sekarang juga….! (kayak anak kecil)
chira : tapi aku minta paman buat baca do’anya dulu…. (dengan muka
yang masih kayak orang bego)
Pamannya pun kemudian membaca do’a … kemudian barulah chira meniup lilinnya…. Setelah itu temen-temennya semua memberi selamat, mereka pun ngobrol sambil makan dan bercanda. Malam itu orang tuanya nelpon dan mengucapkan selamat ulang tahun untuknya padahal biasanya jam segini orang tuanya udah pada tidur chira langsung nangis pas denger suara ibu, ayah serta adiknya….. ! chira ngerasa ni pesta ulang tahun yang sangat berkesan karena biasanya jika ulang tahun ia hanya merayakannya denga ibu, ayah, dan adiknya aja dengan membuat kue tar n dengan do’a, tapi kali ini walaupun ga bersama-sama dengan ibu, ayah serta adiknya ia seneng bisa ngerayain bareng tante, paman, dan temen-temennya (tanpa pernah ngelupain ibu, ayah, dan adiknya tentunya). Setelah ia tanya ini ide siapa ternyata ini ide semua orang yang ada disini mereka memang sengaja ga jenguk dia saat, sakit (ortu dan adiknya juga sengaja ga nelpon pas dia sakit) dan yang ngetok jendela kamarnya tadi adalah pamannya… dan yang bikin suara gaduh di dapur adalah suara temen-temennya yang lagi nyiapin makannan dan kue ulang tahunnya…. Ia jadi ketawa denger cerita temen-temennya………yang penuh perjuangan buat bikin kejutan buat dia ! dan tiba-tiba ia pun menangis karena haru… dan yang lebih nangis lagi waktu dia ingat keluarganya di Kalimantan…. ! dan harinya pun menjerit “ aku ingin pulang”……………..


Tidak ada komentar: