Rabu, 05 November 2008

Ruang XIII Undercover !

Assallamualaikum….! Pagiiiii…. semua ! teriak iza ketika masuk ke ruang ujian XIII yang ternyata adalah kelasnya sendiri. Dari awal masuk gerbang sekolah iza udah memprediksi kalo dia pasti dikelasnya sendiri.
“belakang za… !” ujar dina sambil menunjuk meja kedua dari belakang yang ada di pojok ketika iza mulai mencari namanya di kertas yang di tempel di pintu.
“weits… keajaiban yang keberapa nih… ?! aku kok dapet paling belakang ! dari SD ampe SMP trus SMA baru kali ini aku dapet duduk dibelakang !”ujarnya sambil jalan ke meja yang di tunjuk ma dina. Iza yang nama lengkapnya Zachira ga tau kenapa ? pasti kalo ujian dapet bangku paling depan.
Beberapa menit kemudian… bel berbunyi !
“siapa yang jaga kita ?” Tanya beberapa temannya…
Vino yang ada disamping jendela berdiri dan melihat keluar !
“yang jaga kita pak anto… !” teriak tyo kegirangan. Kelas pun jadi rame banget… dasar anak-anak ga tau mo ujian atau apa pasti ributnya ga pernah ketinggalan. Ketika pak anto masuk kelas dia pun di sambut dengan tepuk tangan yang meriah… ! gimana ga ? kalo pak anto yang jaga dijamin anak-anak bisa nyontek 100 % karna kalo ketauan juga ga pernah di keluarin atau disuruh ke kantor. Jadi anak-anak pada nyantai deh… ! dan yang paling seneng adalah erik. Karena dia ga bisa hidup tanpa nyotek, kalo dia ga nyontek dijamin deh…, REMEDIAL 100 %. Hari ini ulangan sejarah jadi nyantai-nyantai aja… kelas silent… karena ga terdesak.
Tapi ada beberapa bisikan-bisikan yang mengganggu !
“sssttt…..!” panggil seseorang
Iza pun menoleh kekanan dan kekiri ! tapi ga kebelakang karena hanya ada empety chair alias bangku kosong tembok berwarna ijo. Setelah mencari keseluruh dunia yang kemudian di perkecil ruang lingkupnya ke penjuru ruang kelas akhirnya ketemu juga yang manggil tadi ternyata yodi yang ada di depannya ! pantas aja lama nyarinya iza ga noleh kedepan sih…


“15, 16, 17, 18, 19, 20 !” bisiknya sambil melihat kesamping untuk memastikan pak anto ga ngeliatin dia.
Iza pun memberi jawaban melalui kode rahasia yang telah kelas mereka sepakati bersama yang ga pernah di ketahui seseorang selain anggota kelas mereka.
Iza kemudian menoleh kesamping untuk memberi kode kalo dia siap memberi jawaban bagi yang bertanya atau meminta. Dilihat dari mata yang beneran bukan mata batin diujung sana terlihat Widia melambaikan tangan tapi bukan untuk pergi tapi bisa di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar “ untuk bertanya”
“kamu nomer 25 apa ? aku bingung antara a sama c !” tanyanya
“kalo aku c !” jawabn Iza tanpa mengeluarkan suara
35 menit berlalu kelas mulai rebut dengan sssttt, bisikan, dan permintaan penghapus yang kadang bagi sebagian dimanfaatkan sebagai waktu meminta jawaban. Dengan begitu berarti ada beberapa jawaban yang mereka ga tau !
“Rido…! Jawab sendiri… !” ujar pak anto ketika rido mencolek lengan vina yang ada di sampingnya.
“huuuu….. !” anak-anak pun langsung meneriaki Rido kadang kesempatan itu digunakan yang lainnya untuk meminta dan memberi jawaban bagi yang bisa melihat peluang.
Setelah satu jam dan dipastikan ga ada lagi yang mau meminta jawaban lagi ! iza dan sebagian teman-temannya pun mengumpulkan jawaban dan keluar.
“wah… ini awal yang bagus… !” ujar fajar
“mudah-mudahan bu elsa ga jaga kita ya… ! kalo ibu itu yang jaga kita, aduh… ga bisa begerak !” ucap yodi ga tau ama siapa ?
“jangan sampai juga pak Dinosaurus ada jaga kita !” tambah iza. Iza keki banget ma guru yang namanya pak dino ampe dia ngasih nama kesayangan untuk pak dino. Karena guru itu ga mau kalah ma muridnya kalo berdebat. Dua hari berikutnya adalah giliran salah satu mata pelajaran yang paling mereka suka yaitu MATEMATIKA. sssttt… telah bergaung di seluruh penjuru ruang kelas. Untung yang jaga bu Ana jadi mereka selamat didunia tapi ga tau kalo di akhirat.
“sssttt… ! vin… vina !” ujar dika setengah berbisik yang pasti didengar ma bu Ana untungnya ibu itu lagi sibuk nulis.
“apaan sih… belom tau !” jawab vina sedikit ketus
“sssttt… za !” panggil yodi didepanya
Iza lalu melambaikan tangan artinya belum selesai. Tapi dasar yang minta jawaban ga nyadar-nyadar !
“za… ! iza…!” panggilnya lagi sedikit keras
“uhhhggg… belum tau ! entar dikasih kalo udah selesai !” jawab iza
Ketika iza lagi asik bercengkrama dengan angka-angka yang ada di soal tiba-tiba sebuah gulungan kertas kecil terbang dan landing di bawah meja iza . iza pun menoleh ke arah tempat kertas itu take off.
“ambil… !” bisik nanda
Iza melihat kedepan untuk mengetahui tingkat keamanan. Dilihatnya bu Ana lagi melihat kearahnya iza pun tersenyum yang dibalas senyum oleh bu Ana. Lalu iza pun kembali melihat kertas soalnya. Beberapa detik kemudian ia menoleh ke arah nanda.
“aku… ga berani !” jawabnya.
Iza paling jengkel kalo lagi ngitung matematika yang bikin kepalanya terasa berat di ganggu oleh rongrongan meminta jawaban atau bertanya. Karena menghilangkan konsentrasi dan hitungan sehingga ngulang beberapa kali baru dapet hasilnya padahal waktunya terbatas. Kadang iza malas ngasih jawaban, tapi kalo dia ga ngasih jawaban kasihan temennya….! Tapi iza udah capek-capek belajar tus temennya enak tinggal minta jawaban. So… bagusnya yang mana ngasih jawaban ? atau ga ? yah… hanya yang punya diri yang tau…!
“ih… iza pelitnya orang minta 7 cuman di kasih 5 !” ujar tyo ketika mereka udah selesai.
“yee… masih untung juga dikasih ! dari pada ga dikasih !” ujar dina
“kamu sih… orang lagi konsen ngitung kamu tanya-tanya. Coba sabar kek dikit…! Pasti dikasih !” bela iza
“soal no 5,6,14, sama 48 susah sekali… !” ujar riri
“ ia susah euy…!” tambah dina
“untung matematika yang jaga bu Ana kalo pak dino ! waduh… emergency kadar nyonteknya cuman 50 % itu pun kalo nyampe… kadang kurang!”ujar erik
“emangnya kamu bisa ngitung kadang nyontek…?!” tanya iza sedikit sangsi kalo data yang dikasih erik akurat.
“makanya jangan berpangku tangan dong… nungguin orang selesai ! coba sekali-sekali ngandelin kancing baju kamu kek… biar kamu ga repot !” ujar rina sambil ketawa yang diikuti jitakan erik yang mendarat tepat di kepala rina.
Gawat darurat, ulangan yang paling ga ditunggu-tunggu yang merupakan pelajaran yang ratingnya paling rendah mengalahkan rendahnya matematika karena matematika pelajaran UAN. Ulangan fisika dan parahnya lagi yang jaga pak dino ! dunia kayaknya udah berakhir bagi kelas XIII. Iza menoleh kesegala sudut dan merasakan feng shui di ruangan kali ini ga bagus ying dan yang ga seimbang banget. Dilihatnya sindy garuk-garuk kepala kayak lagi ketombean bisa diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai “aku lagi bingung”. Kelas kali ini benar-benar silent alis diam seribu bahasa karena kalo bergerak tanpa perhitungan yang matang dan tahtik perang yang bagus dipastikan akan diterkam ama TireX. 30 menit terlewati dengan sunyi tanpa ada tanda kehidupan. Iza menoleh ke arah erik ! memang yang namanya erik pasti bisa bergerak walau pun ratingn pergerakannya turun. Setelah itu iza pun melanjutkan bersanda tapi ga ria bareng rumus dan angka-angka yang ada di soal fisika. Tiba-tiba terjadi kerusuhan dikelas…, tapi bukan suara sssttt… atau tepuk tangan atau godaan setan yang lainnya yang membuat Iza yang lagi konsent dengan rumus V1.I1=ђ V2.I2 jadi kehilangan konsentrasi. Tapi pak dino lagi MABER alias marah besar sama erik !
“erik keluar… !” ujar pak dino dengan keras
“tapi pak !” erik mencoba yah…bisa dibilang berbasa basi dengan guru itu karena percuma yang benar aja ga pernah menang melawan guru itu apalagi yang salah.
“ga pake tapi-tapian ! keluar…cepat !” bentaknya
Tapi erik bergerak dengan lambatnya…! Wah… ini anak mau dapet hadiah kayak nih…
“kamu mau ngelawan saya ! hah.. !” teriaknya sambil menggeprak meja.
“ga pak!” jawab erik kemudian keluar dari kelas.
Huh… kelas jadi hening, sunyi, dan senyap. Iza kasian ngeliat erik tapi dia juga salah. Udah tau itu pak dino, padahal mereka udah sepakat kalo yang jaga pak dino ga boleh nyontek kalo sebelum 40 menit berlalu karena kalo udah lewat 40 menit tingkat keamanan yang dipasang ma pak dino akan berkurang. Yah… nasib erik kurang baik hari ini.

The End

Tidak ada komentar: